Biar Gak Galau Referensi Skripsi, Belajar ke UPT Perpustakaan Unej

PARA mahasantri putri angkatan 1 Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putri Jember saat ini akan mulai menyusun tugas akhir skripsi di IAIN Jember. Untuk mendukung kepentingan itu, mereka mengikuti workshop untuk memahami sumber-sumber ilmiah untuk mendukung tugas akhir.

Workshop itu diselenggarakan UPT Perpustakaan Universitas Jember di kampus, Selasa – Rabu (5 – 6/12). Hadir sebagai pemateri adalah Faizuddin Harliansyah, MIM, kepala Perpustakaan UIN Malik Ibrahim Malang. Faizuddin dikenal sebagai pembicara nasional Online Research Skill, alumnus Queensland University of Technology Australia.

Menurut Ida Widiastuti, kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, dalam era digital native, lanskap informasi berubah sedemikian rupa. “Di tengah-tengah hasil riset dalam jurnal, ebook, dan sebagainya, yang diperjualbelikan, tidak semua orang bisa mengakses informasi tersebut,” terangnya.

Tetapi, lanjut dia, sekarang muncul kesadaran tentang pentingnya hasil-hasil riset tersebut harus didiseminasikan secara masif untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Sehingga, belakangan muncul istilah open access dan close access terhadap sumber informasi, seperti ejurnal, ebook, dan lainnya.

Meski sudah ada kemudahan semacam itu, ada kebingungan di sebagian peneliti muda untuk mencari sumber referensi yang high qualiy source, namun bisa diakses secara terbuka. “Inilah yang kadang membuat galau mereka yang sedang menyusun skripsi, tesis, atau desertasi. Untuk itulah workshop ini diadakan,” pungkas Ida. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *