Tim Puskesmas Datangi Pondok Ibka Putri, Ada Apa?

ASPEK kebersihan dan kesehatan selama ini dianggap kurang diperhatikan di pondok pesantren. Namun, tidak demikian di Pondok Pesantran Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putri Jember di Kaliwates.

Selasa (28/11) lalu, tim Puskesmas Mangli mendatangi PPA Ibka Putri Jember. Mereka melaksanakan agenda pos kesehatan pesantren (poskestren). Ini semacam posyandu di masyarakat.

Poskestren di PPA Ibka Putri Jember dilaksanakan sebulan sekali. “Seluruh santri hadir dalam acara ini. Dari Puskesmas Mangli hadir dari tim kesehatan mereka,” ujar Ustadzah Iva Khairiah, pengurus PPA Ibka Putri Jember.

Poskestren ini merupakan bagian dari upaya preventif atau pencegahan agar tidak ada penyakit yang berjangkit di lingkungan pesantren. “Ini bagian dari pencegahan untuk menjaga kesehatan di lingkungan pesantren,” sambungnya.

Acara dibuka dengan pembacaan Alquran. Lalu, ada penyuluhan tentang HIV/AIDS dari santri untuk santri. Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi dengan didampingi oleh tim Puskesmas Mangli.

Tim puskesmas lalu melakukan survey mawas diri kepada semua santri. “Bulan depan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan masing-masing santri,” tutup Ustadzah Iva. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *